Friday 17 July 2009

Demikian pula dengan Perbuatan Baik yang Selalu Diniatkan

(EMPAT)
Demikian pula dengan Perbuatan Baik yang Selalu Diniatkan oleh Metta (cinta kasih sesama makhluk hidup)

setiap hari dimana tentunya dari awal tujuan apa yang di laksanakan untuk berbagi menolong sesamanya dari penderitaan baik tujuan apa yang diberikan kepada orang atau program kelanjutan dan tujuan yang bejalan sesuai ajaran sang Buddha ,
Kemudian setelah pindapata untuk makan pagi didalam cetiya Mahasampatti ada melaksanakan suatu program dimana program tersebut dapat dilakukan dengan baik yaitu :program pindapata keliling komplek metal yang dilaksanakan dari metal 1 sampai metal 9 dengan sampai berakhir di lapangan bola_basket di komplek cemara asli.

Sehingga pelaksananya dan dana yang terkumpul baik makanan ringan,beras,indome,minuman ringan dan sebagainya dikumpulkan menjadi satu kemudian dibelsing dengan pemberkahan oleh para Bhikkhu kemudian dana yang terkumpul di danakan kembali kepada pakir miskin,panti jompo,panti tuna netra,panti anak yatim piatu,dan panti Asuhan,sehingga sampai pelaksananya dengan selanjutnya acara pembagian dana makan kepada suster yang pemimpin pelaksanaan pembagian sembako dana makanan untuk panti Asuhan itu, dan saya sendiri Bante candasilo terlibat didalamnya untuk melaksanakan dana makanan kepada panti Asuhan itu dan mengikuti acaranya sampai pembagian nya rata untuk panti Asuhan yang ada sekitar kota Medan, tentunyan program berjalan dengan baik dan berkelanjutan sampai keprogram yang berikutnya yang rencana program Pindapata di lokasi Jl. Panjang dari Cetiya Mahasampatti keliling Jl. Thamrin sampai kembali lagi ke Cetiya Mahasampatti , kemudian rencana dana dari hasil pindapata tersebut akan sama dibagikan kembali ke panti-panti yang ada di kota Medan itu.

Dalam pelaksanaan masa vassa di cetiya Mahasampatti memasuki tahap kebulan kedua yang di jadwalkan selama tiga bulan, ada pun kegiatan yang dilakukan seperti biasanya yaitu dengan pelaksanaan Cheng thing baca paritta suci dan sehingga pelaksanaan Meditasi yang dilakukan setiap hari dan kemudian Pindapata setiap hari yang dilakukan sebagai tugas atau sebagai kewajiban setelah vinaya dan sila dilaksanakan dengan baik, akan tetapi tanyak jawab yang dilakukan dapat dilakukan dengan tempat dan waktu yang ada biasanya tanyak jawab dapat dilakukan dengan baik setelah selesai Meditasi.

Hingga kalau pelaksanaan tanyak jawab dapat dilakukan dengan umat tentunya dapat dilaksanakan dengan berbagai pertanyaan yang ada pada saat itu,seperti halnya dengan umat yang datang pada waktu Meditasi atau datang pada waktu berdana makanan untuk para bhikkhu lalu pertanyaan dapat di tanyakan dengan para bhikkhu yang ada saat itu,contohnya seperti kegiatan yang dilakukan sprituality setiap hari dengan umat yang bertanyak tentang kehidupan tentunya kegiatan dari PTT yang artinya bekerja langsung ketempat-tempat yang membutukan pertolongan baik di lapangan baik diluar lapangan, adapun kegiatan kerja lapangan dapat langsung di praktekan tugas tempat Phisikology tanyak jawab tentang masalah yang timbul dari setiap kehidupan baik yang buruk dengan permasalahan yang ada pada umat manusia tentunya karena di sini sesama umat manusia yang ada,tentunya fisioterapi tentang Phisicology dapat dilaksanakan dengan baik.

Ikut serta dalam pelaksanaan dan pelatihan serta latihan dengan itu dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai kegiatan dengan tentunya menolong ,meyelamati sesamanya yang menbutukan pertolongan dengan baik yang di desa terpencil,desa dan kota yang ada untuk menolong pakir miskin di desa,dan sehingga masyarakat desa terpencil sampai masyarakat desa dan kota denga ajaran Dhamma.kemudian didalam Phisicology religion of source untuk umat Buddha tentunya dengan didasari dengan ajaran sang Buddha dan sebagai guru kita yang sempurna,maka ajaran dan penyebaranya ilmu pengetahuan dhamma ajaran sang Buddha dapat di praktekan dengan baik untuk menolong sesama manusia yang membutukan pertolongan.

Jika akan memperdalam ilmu pengetahuan dari ajaran sang Buddha tentunya dengan giat praktek berlatih ,belajar, tentang kehidupan demi kehidupan yang ada,meskipun semua berawal dari dasar ilmu pengetahuan Dhamma yang ada yang tersimpan sebagai bekal kehidupan yang akan datang tidak luput dari praktek lapangan yang ada, baik berpindah dan berpindah tempat itu tak masalah apa lagi praktek yang sering dipraktekan berpinda tempat dari desa terpencil,desa,kota sampai berpindah antar bangsa yang tentunya praktek dhamma dan sekolah lagi di Negara besar,Cina,Eropa barat seperti Amerika Serikat yang dimana ilmu pengetahuan yang lebih maju,Seperti dengan praktek lapangan dengan PTT dengan praktek Dhamma dan tugas tempat daerah yang berpidah-pindah dengan propesi dan tentunya dengan kealihan kotbah dhamma yang baik di praktekan tempat umum dengan kondisi yang situasi yang ada.

Hingga kembali dengan pelatiahan sprituality dari ajaran sang Buddha dari acara Sprituality of religion of source yang tentunya dari kegiatan dari sprituality dari setiap hari yang dapat diceritakan dan ditulis dengan dhamma desana,cerama,atau kotbah yang kemudian tanyak jawab sampai dengan talk show,seminar tentang science Dhamma dan problem atau masalah dengan kehidupan umat berumah tangga dari berbagai lingkungan kehidupan sehari-hari dengan konsultasi tentang kehidupan baik yang positive baik negative yang datang saling berganti setiap hari,kadang-kadang kehidupan tidak luput dari penyakit masyarakat yang sering timbul dari akibat dari persaingan hidup baik orang miskin dan orang kaya yang saling mempertahankan hidup setiap hari,jadi timbulnya masalah baik yang lama dan masalah yang baru hingga pertikaian dalam dan pertikaian luar itu hanya dari dasar kembali kehidupan dimana berasal masalah itu berasal. Sehingga PTT dapat dilaksanakan dengan praktek dhamma dan tugas tempat langsung dengan dhamma desana yang artinya disini membabarkan ajaran sang Buddha dengan dhamma dari desa-kedesa baik desa yang terpencil sekalipun dari bimbimgan dhamma sebagai obat atau medicin mental dan sprituality dapat bimbimgan sampai ke kehidupan yang lebih tenang dan bahagia dalam kehidupan Dhamma itu.